JALUR ALTERNATIVE LINTAS TENGAH TASIKMALAYA (TASEL) RUSAK BERAT


Jalan dan Jembatan merupakan satu kesatuan faktor pendukung dalam perkembangan daerah khusnya bidang perhubungan. Karena dengan lancarnya sarana dan prasarana perhubungan dapat meningkatkan perekonomian dan pembangunan masyarakat.







     
Namun tidak halnya dengan lajur jalan yang satu ini, sudah beberapa tahun ini tak ada perbaikan serta perawatan. Padahal jalur yang satu ini merupakan jalur jalan alternative bagi warga masyarakat di Tasikmalaya selatan. Semenejak diremikannya jembatan parung mandala beberapa tahun yang lalu, dimana sebagai penghubung jalur alternatif Kecamatan Cikatomas dan Kecamatan Karangnunggal, perkembangan perekonomian masyarakat di kedua kecamatan ini tumbuh cepat. Namun sekarang ini sepertinya akan terkendala dengan sarana inprastukur jalan yang rusak berat.
        Seperti yang diutarakan oleh salah seorang pengguna jalan yang tidak mau disebutkan namanya “Kondisi jembatan saat ini sudah terbentuk, tetapi yang ada kondisinya masih berupa jembatan sementara, perbaikan pun hanya bersipat seadanya itu pun oleh pengendara sendiri atau sumbangan dari yang melintas jembatan ini”. katanya.
        Selain jembatan yang yang rusak juga para pengendara sepeda motor wajib berhati – hati kalu melintasi jalan Cikatomas-Karangnunggal, pasalnya beberapa ruas jalan yang berada di Desa Linggalaksana Kecamatan Cikatomas sejauh 4 km ini rawan kecelakan, selain licin dan curam juga kondisi jalan yang sudah tidak layak dilintasi bagi para pengendara roda empat dan truk pengangkut pasir.
        “Selain sebagi jalan alternatife untuk kedua kecamatan, jalur ini sebagai jalan terobosan bagi para pejiarah ke Pamijahan, yang dapat ditempuh selama kurang dari 2 jam dari kota kecamatan cikatomas apabila dalam kondisi jalan rusak seperti ini, tapi kalau sudah diperbaiki mungkin hanya 1 jam kurang” ujar salah seorang tukang ojeg yang biasa mangkal di jalur jalan ini dari pada harus memutar ke arah Papayan Tasikmalaya atau ke arah Cipatujah yang jaraknya dua kali lipat jauhnya.
        Kelancaran perhubungan pada dasarnya untuk menciptakan perekonomian masyarakat yang optimal dan menyeluruh, sehingga dapat mendukung segala bentuk aktivitas penduduk untuk selanjutnya diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan pendapatan masyarakat.