Linggarjati (jejak kaki ciremai)


gambar 1

Bercerita lewat gambar aja, soalnya waktu itu saya gak sempet mendengarkan penjelasan dari sang tuan rumah. Saya lebih sibuk dengan poto – poto dan memperhatikan pernak pernik yang unik – unik. Semoga lewat gambar lebih dapat memperjelas suasana keadaan disana.


Awal mula turun dari kendaraan yang terlihat adalah pemandangan gunung ciremai (gambar 13) yang nampak samar - samar (tertutup embun) tapi jelas dari tempat parkir. tidak jauh dari sana ada sebuah bangunan tua dengan ciri khas jaman belanda, di depannya ada sebuah rumah yang agak tertutup pepohonan.... ya itu tempat perundingan linggarjati dulu.

kita masuk lewat pintu samping yang mana disana tempat administrasi bagi para wisatawan, diruangan itu saya melihat beberapa poto dan gambar serta miniatur dari dari tempat itu sendiri (gambar 2,3 dan 4)

gambar 2

gambar 3

gambar 4


setelah dipersilahkan masuk saya pun langsung disuguhkan dengan sebuah ruangan kecil yang berderet rapi kursi dan meja tempo dulu, ya ini lah tempat para delegasi membicarakan nasib rakyat indonesia dulu. (gambar 5,6,7) disana tertulis nama delgasi yang duduk dikursi itu, cuma sayang kita tidak boleh ngerasain tempat duduk para pejabat tempo dulu itu.

ada juga sebuah piano tua yang berbalut kayu serta lemari tua. apabila kita melirik ke bagian pintu utama maka disana ada miniatur waktu perundingan dulu.





gambar 5

gambar 6

gambar 7


beranjak kebagian belakang, disana ada tempat makan (gambar 8) para delegasi serta lorong kecil yang berujung sebuah ruangan tempat duduk (gambar 9) serta kamar tidur delegasi (gambar 10)

gambar 8

gambar 9

gambar 10


dari ujung bagian belakang lantas saya pun berjalan balik arah mnuju bagian depan rumah yang semuanya merupakan kamar tidur dan kamar tidur.

lantas saya pun beranjak keluar rumah menuju teras depan dan pemandangan yang terlihat (gambar 11 dan 12)

Gambar 11


gambar 12


setelah puas mengelilingi rumah sejarah itu lantas saya kembali balik ke tempat parkir, dan ini dia maksud saya pemndangan gunung ciremai. (gambar 13)

gambar 13


oh iya di sepanjang jalan dari jalan raya utama menuju rumah perundingan tadi banyak sekali penginapan dan hotel serta vila,jadi tidak usah khawatir takut tempat istirahat.